Skip to content

Teori Organisasi Struktural Modern

KOMPAS.com – Organisasi yang keberadaannya sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Mulai dari organisasi terkecil yaitu keluarga hingga organisasi besar yang mengelola negara.

Organisasi adalah suatu bentuk kemitraan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama dan terikat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Teori organisasi adalah teori yang menjelaskan bagaimana suatu organisasi dan orang-orang di dalamnya berperilaku dalam berbagai struktur organisasi, budaya, dan lingkungan.

Dalam perkembangannya banyak aliran atau pengelompokan teori organisasi yang dilakukan oleh sejumlah ahli. Salah satunya adalah teori organisasi struktural modern.

Masa kejayaan teori organisasi struktural modern adalah sekitar tahun 1960 hingga 1970.

Baca juga: Kisah Papan Nama Organisasi Modern Tionghoa Pertama di Indonesia

Ajaran Fundamental Teori Organisasi Struktural Modern

Teori struktur modern erat kaitannya dengan struktur organisasi. Struktur organisasi adalah hubungan yang relatif stabil antara posisi dan kelompok pekerjaan dalam suatu organisasi.

Teori organisasi struktural modern membahas diferensiasi vertikal, yaitu tingkatan organisasi, wewenang, dan koordinasi, serta diferensiasi horizontal antar unit dalam suatu organisasi.

Ajaran utama teori organisasi struktural modern adalah:

  • Organisasi merupakan lembaga yang rasional untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perilaku organisasi yang rasional dapat dicapai dengan baik melalui sistem aturan yang jelas dan otoritas formal. Koordinasi dan kontrol adalah kunci untuk mencapai rasionalitas dalam organisasi.
  • Struktur organisasi dikatakan baik bagi organisasi apabila struktur tersebut dirancang berdasarkan:
    • Tujuan yang ingin dicapai.
    • Kondisi lingkungan sekitar organisasi.
    • Sifat produksi atau jasa yang dihasilkan atau diberikan.
    • Teknologi yang digunakan dalam proses produksi atau jasa.
  • Spesialisasi dan pembagian kerja akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi atau jasa.
  • Hampir semua masalah dalam organisasi disebabkan oleh struktur organisasi. Oleh karena itu, dapat diatasi dengan memperbaiki atau mengganti struktur tersebut.

Baca juga: Agus Djaya, Pendiri Organisasi Persagi

  • Tom Burns dan Penguntit: Peraturan formal, komunikasi vertikal, dan struktur pengambilan keputusan sangat menentukan penerapan sistem mekanistik dan organik dalam suatu organisasi. Rasionalitas perilaku organisasi dapat dicapai dengan baik melalui otoritas formal yang jelas.
  • Amitai Etzioni: Tiga hal yang sangat berpengaruh dalam suatu organisasi adalah kepatuhan, tujuan, dan efektivitas. Ketiganya memiliki pola hubungan yang saling bergantung satu sama lain.
  • Peter Blau dan Richard Scott: Ada dua hubungan dalam organisasi, yaitu formal dan informal. Hubungan informal berasal dari struktur organisasi formal dan sangat membantu organisasi formal dalam menetapkan norma dan aturan kerja.
  • Arthur Walker dan Jay Lorsch: Pengaturan struktur organisasi yang memadai sangat tergantung pada lingkungan organisasi dan sifat organisasi itu sendiri.

Referensi

  • Toha, Miftah. 2016. Birokrasi dan Dinamika Kekuasaan. Jakarta: Kencana
  • Ambarwati, Ari. 2018. Perilaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.