Skip to content

Tradisi Megengan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Ribuan Orang Mandi di Pantai Pekalongan

Tradisi Megengan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Ribuan Orang Mandi di Pantai Pekalongan

Memuat…

Menyambut bulan suci Ramadhan, ribuan warga memadati pantai di Pekalongan, untuk menjalankan tradisi megengan dengan mandi di pantai. Foto/iNews TV/Suryono Sukarno

PEKALONGAN – Ribuan orang memadati pantai di Pekalongan, untuk melaksanakan tradisi megengan yang sebelumnya digelar untuk menyambut bulan suci Ramadhan, Selasa (29/3/2022). Tradisi unik ini dilakukan dengan mandi dan menikmati keindahan alam pantai.

Lihat lainnya: Jelang Puasa, Perindo Jakarta Utara Simpati Anak Yatim dan Unggah Bersama

Lokasi wisata Pantai Pasir Kencana yang baru dibuka kembali setelah dua tahun ditutup akibat pandemi COVID-19 ini menjadi salah satu tempat favorit warga untuk bercengkerama bersama keluarga dan sahabat sebelum memasuki masa puasa Ramadhan.

Salah satu warga yang datang ke Pantai Pasir Kencana, Anik mengaku, sengaja datang ke pantai pada sore hari untuk menikmati keindahan pantai yang baru dibuka kembali setelah ditutup total akibat pandemi COVID-19.

Lihat Lainnya: Bentrok Antar Fakultas Di UIN Makassar Terjadi, Wakil Dekan dan Mahasiswa Terluka Berat

“Datang bersama keluarga dan anak-anak, menikmati sunset di pesisir pantai. Ini sudah menjadi tradisi di sini, untuk menyambut puasa Ramadhan. Orang menyebutnya tradisi megengan,” kata Anik.

Hal senada juga diungkapkan Ratno. Ia sengaja datang bersama keluarganya, untuk menikmati sunset di Pantai Pasir Kencana. “Kami mengajak anak-anak untuk bergembira, sebelum berpuasa selama satu bulan,” ujarnya.

Lihat Lainnya: 19 Tahun, Pemuda Ini Menikahi Idolanya di Gua Sedalam 70 Meter

Semakin malam, warga memadati kawasan wisata Pantai Pasir Kencana. Warga menikmati indahnya panorama senja menjelang magrib, untuk menyambut datangnya bulan puasa Ramadhan. Mereka juga disuguhi pertunjukan air menari yang menyemprotkan air berwarna-warni.

Tradisi megengan ini telah diturunkan secara turun temurun oleh warga. Tradisi ini selalu mereka lakukan setiap tahun menjelang bulan suci Ramadhan. Mereka berharap puasa di bulan Ramadhan tahun ini bisa lancar dan aman hingga Idul Fitri.

(eyt)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”