Uji coba rudal monster terbaru Korea Utara yang dituduh melakukan propaganda palsu

Uji coba rudal monster terbaru Korea Utara yang dituduh melakukan propaganda palsu

Memuat…

Uji coba rudal monster terbaru Korea Utara dituduh sebagai propaganda palsu. FOTO/Reuters

SEOUL Korea Utara (Korea Utara) dituduh memalsukan meluncurkan apa yang disebut analis sebagai “monster rudal”, minggu lalu. Tuduhan ini dibuat oleh militer Korea Selatan (Korea Selatan) dan sejumlah pengamat.

Korea Selatan mengatakan uji coba terakhir yang berhasil oleh Korea Utara mungkin adalah rudal balistik antarbenua yang sama yang ditembakkan Pyongyang pada tahun 2017. Pekan lalu, Korea Utara mengklaim telah berhasil menguji rudal Hwasong-17 – ICBM jarak jauh.

Membaca: Jong-un Mengawasi Langsung Pengujian Rudal Monster yang Dapat Mencapai Daratan AS

Tetapi kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan kepada AFP bahwa Seoul dan Washington sekarang telah menyimpulkan bahwa peluncuran itu sebenarnya dari Hwasong-15, sebuah ICBM yang diuji Pyongyang pada tahun 2017.

“Intelijen

Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan telah menentukan bahwa apa yang ditembakkan pada 24 Maret adalah Hwasong-15,” kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korea Selatan kepada AFP.

Menurut analis, rudal tersebut kemungkinan mampu membawa banyak hulu ledak – yang pertama diluncurkan pada parade militer pada tahun 2020. Kedua ICBM, Hwasong-15 dan Hwasong-17, berpotensi mampu menghantam daratan AS.

Sebelumnya, Seoul dan Tokyo secara terpisah mengkonfirmasi pada saat itu bahwa rudal yang diuji pada 24 Maret telah terbang lebih tinggi dan lebih lama dari tes sebelumnya. Tetapi para analis kemudian menunjukkan perbedaan dalam akun Korea Utara.

Membaca: Kim Jong-un: Korea Utara Kembangkan Kemampuan Serangan yang Tidak Bisa Dihentikan Siapapun

Pengumuman

palsu kemungkinan merupakan upaya Pyongyang untuk mengkompensasi peluncuran yang gagal pada 16 Maret, ketika sebuah rudal, yang menurut para analis sebenarnya adalah Hwasong-17, meledak tak lama setelah peluncuran.
Menurut situs web spesialis yang berbasis di Seoul, NK News, puing-puing dari tes yang gagal jatuh di atau dekat Pyongyang sebagai bola asap merah zig-zag melintasi langit.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”