Skip to content

Ukraina mendesak India untuk menggunakan pengaruh untuk membujuk Rusia menghentikan serangan

NEW DELHI, IGNews.id – Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mendesak India untuk menggunakan pengaruh atas Rusia untuk menghentikan operasi militer khusus Moskow di Ukraina. Menurutnya, India harus mempertimbangkan hubungan baik yang telah terjalin antara New Delhi dan Kiev selama ini.

“Ukraina selalu menjadi konsumen produk India yang dapat diandalkan, sebagian besar ekspor farmasi, dari India, tetapi juga salah satu penjamin keamanan pangan India,” kata Kuleba dalam sebuah wawancara dengan NDTVRabu (30/3/2022).

Ia mengatakan Ukraina selama ini menjadi pemasok utama sejumlah komoditas bagi India. Ini termasuk minyak bunga matahari, biji-bijian, dan produk lainnya.

“Jadi ini hubungan yang saling menguntungkan. Dan kami memiliki permintaan kepada pemerintah India untuk memanfaatkan tingkat hubungan yang dinikmatinya dengan Rusia dan meyakinkan Presiden [Vladimir] Putin untuk menghentikan perang ini,” kata Kuleba.

Ditanya apakah Perdana Menteri India Narendra Modi bisa menjadi mediator yang memungkinkan untuk mencapai kesepakatan damai antara para pemimpin Ukraina dan Rusia, Kuleba mengatakan Kiev siap menyambut upaya semacam itu.

“Jika Perdana Menteri Modi bersedia memainkan peran itu,” katanya.

Redaktur : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”