Skip to content

Wagub Kalbar Minta Masyarakat Jangan Panik Soal Bahan Pokok Jelang Ramadhan

PONTIANAK, IGNews.id – Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mengimbau masyarakat tidak panik dengan ketersediaan bahan pokok dan mengingatkan agar tidak menimbun bahan makanan menjelang Ramadhan. Ia memastikan stok pangan di daerahnya aman.

“Saya berharap masyarakat bisa tenang dan tidak panik kemudian menimbun bahan pokok, dan membeli sembako sesuai kebutuhannya,” ujarnya, Rabu (30/3/2022).

Ia menambahkan bahan sembako, terutama minyak goreng, saat dibagikan.

“Kami akan melakukan operasi pasar untuk mengantisipasi penimbunan oleh agen,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan saat lebaran adalah minyak goreng, gula pasir, daging sapi, dan tepung terigu.

“Untuk daging sudah kita antisipasi dengan mendatangkan daging beku, karena jika tidak ada daging beku maka harga daging sapi akan naik drastis,” ujarnya.

Dengan daging beku, konsumen memiliki pilihan antara daging sapi dan daging beku. Daging beku dijual dengan harga Rp80.000 per kilogram dan daging sapi kini dihargai Rp130.000 per kilogram.

Sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar terus mengimbau para pelaku usaha atau distributor jelang bulan suci Ramadhan untuk memastikan kelancaran distribusi barang sehingga stok dan harga sembako tetap terjaga.

“Untuk memastikan stok dan harga sembako tidak fluktuatif, juga sangat penting bagaimana kelancaran proses distribusi. Dengan distribusi yang baik dan lancar, kebutuhan cepat terpenuhi. Dengan begitu harga bisa stabil,” kata Kepala Bagian Barat. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan, Heronimus Hero.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel:

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”