Skip to content

Wah, Transaksi e-Commerce 2022 Diprediksi Capai Rp 540 Triliun

Wah, Transaksi e-Commerce 2022 Diprediksi Capai Rp 540 Triliun

Memuat…

Kominfo mendorong pelaku UKM untuk menggunakan logistik digital seiring dengan pesatnya pertumbuhan bisnis online di Indonesia. foto: ist

BANDUNG – Transaksi perdagangan online (e-Commerce) pada tahun 2022 diprediksi meningkat menjadi Rp 530 triliun seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis online di Indonesia. Demikian disampaikan Koordinator Digital Initiatives for Strategic Sector 1, Direktorat Ekonomi Digital, Kominfo Wijayanto.

Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi e-commerce pada 2021 akan mencapai Rp403 triliun dan masih akan meningkat 31,4% atau Rp530 triliun pada 2022,” katanya.

Menurut Wijayanto, peningkatan ini membuat bisnis online di Indonesia berkembang sangat baik. Hal ini terlihat dari banyaknya bisnis online baru yang terus bermunculan.

“Sebagai pelaku bisnis online, tuntutan juga datang dari konsumen untuk mendapatkan pelayanan terbaik, seperti ketersediaan akses untuk membeli produk yang diinginkan, pengiriman yang cepat, dan kecepatan dalam melayani konsumen,” ujarnya.

Wijayanto melanjutkan, logistik atau pemenuhan kini menjadi sektor strategis yang harus dikembangkan, agar UKM lebih mudah mendistribusikan produknya ke konsumen. UKM, kata dia, harus diarahkan untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan produknya.

Dia mengungkapkan, biasanya UKM terkendala biaya saat ingin mengirim barang dari satu kota ke kota lain.

Melalui teknologi digital, pelaku UKM dapat memiliki gudang penyimpanan di kota lain, sehingga biaya pengiriman menjadi lebih murah. “Kalau konsumen di Jakarta kirim dari Jakarta bukan di Bandung. Pengiriman lebih murah dan pengemasan bagus. Melalui digitalisasi, UMKM bisa memanfaatkan pemenuhan gudang yang ada,” ujarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri menggandeng startup Lodi Indonesia untuk mempermudah para pelaku UKM dalam mendistribusikan produknya ke konsumen.

Dengan menggandeng Lodi, para pelaku UKM akan menjadi partner dengan banyak gudang yang tersebar di kota-kota besar, seperti Bandung, Jakarta dan Medan. Diharapkan pemerintah dapat membantu UKM untuk menekan biaya pengiriman barang.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”