Wamenparekraf Jelaskan Pentingnya Digitalisasi Bagi UMKM dan Perekonomian Indonesia

Wamenparekraf Jelaskan Pentingnya Digitalisasi Bagi UMKM dan Perekonomian Indonesia

Memuat…

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo (kanan). Foto/MPI/Azhfar Muhammad

JAKARTA – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menekankan pentingnya digitalisasi dalam memacu perkembangan usaha para pelaku usaha, khususnya ke depan. Pandemi covid-19 .

Angela juga menilai pentingnya peluang peningkatan ekonomi digital yang dikelola oleh generasi muda, dimana potensinya sangat bagus dan terus berkembang pesat.

“Peningkatan ekonomi digital di masa pandemi ini sangat potensial dan digitalisasi memegang peranan yang sangat penting bagi para pelaku usaha khususnya dan UMKM,” kata Wamenparekraf dalam sambutannya pada webinar Virtual Hipmi Digital Fest, Rabu (30/3/2022). .

Lihat Lainnya: Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Sebut BPOLBF Siap Sambut G20: Ini Peluang Bangkit Bagi Kita

Ia menilai Indonesia memiliki peluang ekonomi digital dan harus dimaksimalkan karena akan terus tumbuh seiring dengan kemajuan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkat. “Jika melihat data sepanjang tahun 2021, ekonomi digital Indonesia akan berkembang sangat pesat,” ujarnya.

Berdasarkan

penelitian, lanjut Angela, ada empat perkembangan positif terkait ekonomi digital di Indonesia. Pertama, akan ada peningkatan 21 juta konsumen atau pengguna digital baru sepanjang tahun 2021. Kedua, dari aspek nilai PDB yang diperkirakan mencapai USD70 miliar atau tumbuh hampir 50% year-on-year (yoy).

Ketiga, sebanyak 28 persen pelaku usaha di Indonesia menyatakan tidak akan mampu bertahan di masa pandemi jika bukan karena keberadaan platform digital dan e-commerce artisan yang terus berkembang, ujarnya.

Lihat lainnya: Pelaku Kreatif dan UMKM Apresiasi Kebijakan Airlangga Dukung Pemulihan Ekonomi

Terakhir,

Indonesia juga merupakan tujuan investasi digital terpopuler di Asia Tenggara. “Oleh karena itu, digitalisasi di Indonesia berkembang sangat-sangat pesat. Saya berharap melalui Hipmi Digital Fest ini, seluruh pelaku usaha, generasi muda ekonomi kreatif dapat lebih bekerjasama dan berkolaborasi,” pungkasnya.

(eng)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”